Kelebihan Plafon Gypsum dan Jenis Plafon






Plafon adalah permukaan atas atau sisi atas dalam suatu ruangan baik ruang tertutup atau ruang terbuka, baik mendatar atau tidak. Seringnya rumah menggunakan yang satu ini walaupun tidak jarang bangunan lain pun menggunakannya. Hal ini dikarenakan fungsi yang dipunyai padanya. Fungsinya adalah menutup atau memberikan cover apabila terdapat ketidak-nyamanan tertentu ketika menengok atau menoleh ke atas di dalam rumah karena dirasa belum rapih. Alur kabel lampu, pipa-paralon menjadi tak terlihat. Apalagi untuk air conditioner tentu menggunakannya agar terlihat rapih. Selain itu, juga berfungsi untuk mengatur tinggi-rendah suatu ruangan. Mungkin apabila rumah tersebut dirasa terlalu tinggi ruangannya atau sebaliknya, terlalu rendah sehingga merasa tidak nyaman.

Ukuran Tinggi Plafon yaitu Sebanding dengan Panjang dan Lebar Ruangan Rumah

Gypsum adalah salah-satu material alami yang sudah digunakan sejak dahulu-kala bahkan sejak zaman peradaban mesir kuno sudah digunakan untuk membangun hingga sekarang ini misalnya dalam pemasangan gypsum untuk sekat partisi, list profil hingga plafon. Material ini dalam kimia dikenal dengan Calcium Sulphate Dihydrate atau CaSO4.2H2O, berwarna putih pasir-pantai dan mempunyai kandungan air. Ada juga Calcium Sulphate Hemihydrate.

Material pada plafon gypsum merupakan insulator yang tahan dari api dan cocok digunakan pada daerah geografis yang mempunyai tingkat kelembaban rendah sehingga tidak mengalami proses pemuaian. Selain itu, mempunyai daya-tahan yang cukup baik apabila digunakan pada ruangan dengan kelembaban udara yang tinggi dan tidak mengandung asbes atau non-asbes. Kelebihan lain yaitu solid, begitu kaku dan tahan-bentur. Mempunyai ketebalan 9 milimeter, gypsum ini mudah untuk dipotong mengikuti bidang suatu ruang misalkan pada rumah. Pemotongan pun bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah pisau pemotong misalnya untuk lubang kabel lampu, saluran air conditioner.

Sebenarnya tidak cuma gypsum yang dapat dijadikan bahannya. Triplek atau multiplek yang berasal dari resikel kayu bisa juga dijadikan bahan. Kayu asli juga bisa dijadikan bahan namun harga daripada kayu-unggulan dirasa kurang bersahabat.

Banyaknya Jenis Produk Plafon yang bisa Digunakan
Macam-Macam Plafon
1. Plafon Gypsum sebagaimana yang sudah diuraikan. Jenis ini begitu populer dan variatif.
2. Plafon Triplek dan Multiplek yaitu berasal dari resikel kayu bukan kayu asli sebagaimana kayu alami dan terdiri dari lebih satu lapisan, misalnya resikel kayu meranti.
3. Plafon yang mengandung asbes namun sekarang sudah ditinggalkan penggunaannya.
4. Plafon PVC mempunyai kepanjangan Polyvinyl Chloride. Jenis ini berasal dari material sintetik, mempunyai motif dan warna yang bervariasi misalnya motif kayu dan ubin.
5. Plafon Kayu yaitu berasal dari kayu asli yang mempunyai pori-kayu sehingga dapat menyerap air. Bisa saja kayu jati, merbau, mahoni, bangkirai, kamper, meranti, sonokeling, sungkai, kelapa, ulin dan pinus.

Tags
harga plafon gypsum per meter
Comment With Disqus
Disqus Comments